Posts Tagged ‘binatang’

Kambing Ajaib

Posted: Agustus 26, 2010 in Lucu
Tag:,

Kambing yang satu ini emang ajaib. Dia bisa bertingkah seperti manusia. Lihat aja aksinya !

Orang sering kali diingatkan untuk hati-hati jika berdekatan dengan banteng jika mengenakan baju berwarna merah. Apakah warna merah memang membuat banteng marah? Faktanya, banteng tidak dapat melihat dengan sempurna, karena Buta Parsial. Apa yang menyebabkan seekor banteng terganggu adalah, karena seseorang melambaikan kain tepat di depan wajahnya.

Pandangan terhadap warna adalah subyek yang menipu. Di dalam pandangan manusia memiliki batang mata yang sensitif terhadap cahaya, tetapi tidak menyediakan informasi mengenai warna. Tetapi banteng punya, dan bekerja baik dalam cahaya redup atau gelap. Seperti saat melihat di malam hari, persepsi warna menjadi buram karena gelap. Batang mata manusia dilengkapi dengan tiga jenis sel kerucut, masing-masing sensitif terhadap panjang gelombang cahaya yang berbeda, gelombang merah, hijau, dan biru.

Setiap warna yang kita tahu, dapat direpresentasikan sebagai kombinasi dari warna dasar tersebut. Ketika sesuatu yang tidak beres dengan aspek pandangan dasar ini, maka menghasilkan kebutaan warna, yang biasanya berupa ketidakmampuan yang tidak lengkap untuk membedakan warna, daripada mempersempit rentang warna yang dapat dirasakan. Manusia memiliki pandangan warna umum seperti dalam ikan, reptil, amfibi, dan burung. Beberapa binatang melihat lebih banyak warna dari yang kita dapat, misalnya lebah.


Buta Parsial
Persepsi warna merupakan respon otak atas stimulus yang diterima oleh retina. Telah diidentifikasi 3 jenis sel fotoreseptor kerucut (yang diperlukan untuk dapat membedakan warna) yakni biru, hijau, dan merah. Dibutuhkan minimal 2 sel untuk dapat membedakan warna, dan pada penglihatan warna normal dibutuhkan ketiganya. Buta warna biasanya disebabkan oleh faktor keturunan.

Dari faktor keturunan ini yang paling sering ditemukan adalah defek sel merah-hijau. Buta warna ini berkaitan dengan gen X resesif, jadi diturunkan oleh ibu (tidak harus mengalami buta warna, karena gen bersifat resesif) kepada anak laki-lakinya. Pada seseorang dengan buta warna parsial, dapat mengalami defek pada sel kerucut merah ataupun hijau sehingga tidak dapat mempersepsi warna tersebut dan turunannya, juga sulit membedakannya.

Penyebab banteng ga suka kain warna merah sendiri karena sebenarnya banteng itu ga suka lambaian kainnya, bukan warna kainnya itu sendiri. Banteng punya penyakit buta parsial yang dia ga bisa ngeliat warna/buta warna. Tapi karena matador emang udah biasa pake kain merah sebagai alat untuk aksinya melawan banteng, kita menganggap warna merah lah yang ngebuat si banteng ngamuk.

source: blognyajose.blogspot.com

Facebook telah menjalar ke seluruh bagian masyarakat, tidak hanya kalangan muda tapi juga orang tua. Bahkan ada beberapa akun yang diciptakan oleh orang untuk binatang piaraannya.

Jika seandainya hewan-hewan itu benar-benar memiliki akun Facebook, apa saja status yang akan diposting mereka ?

Kecoa : Maaannn, untung tadi gw kagak ke injek ama tu orang.

Anjing pudel : Duh, nunggu mo ke salon neehhh…

Nyamuk : Untung gw gak kena HIV !!

Sapi : Gila gw abis diraba-raba ma majikan gw!!

Kucing : Anak gw yang ke-7 nanya, sapa bapaknya, gawath gw lupaaa!!!

Ayam : Woy, kalo besok gw blom berkokok yah berarti gw belom bangun yah !!!

Buaya : Ngajak ribut banget c thu orang, udah tau gw cowok, masih ajah dipanggil bu!

Semut : Capeeeknya abis latian paskibra!!!

Cumi2 : Abis isi ulang tinta nich.

Babi :  Gw difitnah nyebarin flu. Sialan !!

Kambing : Bentar lagi Idul Adha. Ya Tuhan, selamatkan aku..!!

Cicak : yang mpunya rumah baru beli raket elektrik..hwehe..gwe pesta nyamuk panggang gratis nih..mangstabh

Nyamuk : abis ngider di rumah para rastaman…ktularan giting nih… wuyow

Cacing kremi : buset…ternyata gw bersarang di orang maho, cilaka!!

sumber : okezone.com

Paul dikenal karena ramalan-ramalan pertandingan Piala Dunia 2010 Afrika Selatan yang jitu. Namun, tak banyak orang tahu siapa Paul sesungguhnya. Berikut adalah sepuluh fakta tentang gurita berusia dua tahun tersebut seperti dilansir oleh Telegraph.

1. Gurita jantan kelahiran Inggris
Sekalipun sekarang hidup di Akuarium Sea Life Centre, Oberhausen, Jerman, Paul lahir di Weymouth, Inggris, dan dipindahkan dari Weymouth Sea Life Park (ke Jerman).

Seorang staf di Weymouth Sea Life Park, Fiona Smith, yang pernah mengurus Paul mengatakan, “Ia tak pernah membuat prediksi apa pun ketika masih di sini. Namun, mungkin ia menunggu turnamen besar seperti Piala Dunia untuk menampilkan kemampuannya itu.”

2. Diburu manusia
Seorang juru masak Argentina, Nicolas Bedorrou, begitu marah ketika Paul secara tepat memperkirakan bahwa kesebelasan negaranya akan dikalahkan Jerman pada perempat final Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Ia bahkan mengancam akan memburu Paul untuk dimasak.

“Kami akan memburunya dan menempatkannya di atas kertas. Kami kemudian akan memukulinya untuk membuat dagingnya lunak dan kemudian memasukkannya dalam air mendidih,” kata Bedorrou.

3. Berita besar
Prediksi Paul telah mengundang perhatian banyak orang karena sebuah stasiun televisi Jerman, NTV, mulai rajin menyiarkan secara langsung prediksi pertandingan Paul, dengan dua reporter berdiri di sebelah akuariumnya sehingga mereka bisa membuat pemirsa mengetahui bagaimana Paul melakukan prediksinya.

4. Selebriti terbesar di Oberhausen
Paul merupakan hal paling populer di Oberhausen, sebuah kota, yang menurut Wikipedia, seluas 77 kilometer persegi dan berpenduduk 214.000 jiwa. Selama ini, kota itu hanya dikenal karena memiliki pusat perbelanjaan terbesar di Jerman, Centro.

5. Akurasi ramalan yang nyaris sempurna
Paul mulai meramal hasil pertandingan sejak Piala Eropa 2008 Swiss-Austria dan ia meramal enam pertandingan Jerman, dengan empat di antaranya benar. Ia menyebut Jerman akan memenangi semua pertandingan. Faktanya, Jerman kalah dari Kroasia.

Pada Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, sejauh ini, semua ramalan Paul tentang Jerman benar, termasuk soal mereka akan kalah dari Spanyol pada babak semifinal.

6. Bisa membuat Anda kaya
Dengan ramalan seperti itu, Anda bisa mengandalkan ramalan-ramalannya sebelum bertaruh.

7. Hewan cerdas
Gurita adalah hewan cerdas dan terbukti memiliki ingatan kuat. “Gurita biasa seperti Paul sangat cerdas. Kami menyamakan kecerdasan mereka dengan anjing dan mereka menyukai masalah dan suka menyelesaikannya,” kata Fiona Smith.

8. Selebriti di Facebook dan Twitter
Paul menjadi salah satu topik pembicaraan paling marak di situs jejaring sosial. Frase “Paul the Octopus” dan “Pulpo” (bahasa Spanyol untuk Gurita) masuk sepuluh besar Twitter dunia.

9. Tanpa rekayasa
Paul memprediksi hasil pertandingan dengan membuka tutup salah satu dari dua wadah makanan di akuariumnya. Staff Oberhausen Sea Life Centre, Tanja Munzig, membantah dugaan bahwa ada sesuatu yang diletakkan di salah satu wadah. “Tak ada tipuan. Makanan sama dan segalanya di kedua wadah itu sama, kecuali benderanya,” kata Munzig.

10. Tak takut ancaman pembunuhan
Menurut pengawasnya, Oliver Walencak, Paul tak takut diancam suporter Argentina yang menyalahkannya atas tersingkirnya Lionel Messi dkk dari Piala Dunia 2010 karena kalah 0-4 dari Jerman.

source : bola.kompas.com

Mata gunanya untuk melihat. Tapi tahukah Anda bahwa ada binatang yang sama sekali tidak mempunyai mata dan sebaliknya ada binatang yang matanya sampai delapan buah?

Tuhan telah mengaturnya. Mata makhluk ciptaannya itu disesuaikan dengan kegunaannya. Oleh karena itu kemampuan dan penempatannya disesuaikan dengan kebutuhannya.

Ada yang diciptakan-Nya untuk malam hari ada yang untuk siang hari atau untuk kedua-duanya. Ada yang untuk keperluan penyerangan atau sebaliknya ada yang untuk membela diri. Masing-masing itu memiliki kekurangan dan kelebihannya.

Bajing / Tupai

Mata Bajing atau Tupai terdapat di kedua sisi kepalanya, dan berada pada kedua pipi-pipinya yang bentuknya melandai ke depan dan menyerupai kerucut. Dengan demikian ia memiliki pandangan yang tajam ke arah depan.

Akan tetapi letak mata itu cukup dekat dengan pangkal kepalanya sehingga melalui kepalanya itu sambil lari memanjat pohon ia dapat melihat melalui punggungnya apakah ada yang mengejar atau tidak.

Atau sambil lari di atas tanah ia dapat melihat ke atas untuk mengawasi burung elang yang mengejarnya. Akan tetapi disamping kelebihannya itu ia mempunyai kelemahan yaitu tidak dapat melihat dengan mudah ke arah samping.

Burung Elang

Mata burung Elang memiliki ketajaman penglihatan yang luar biasa untuk berburu. Ia dapat melihat seekor kelinci yang melompat-lompat diantara semak-semak ribuan kaki di bawahnya.

Kelinci

Akan tetapi si kelinci yang diburu itu memiliki mata di kedua belah kepalanya yang tempatnya sedemikian rupa sehingga dapat melihat elang yang memburunya dan yang sedang menukik untuk menyambarnya. Sekarang tinggal binatang yang mana yang beruntung.

Burung Hantu

Burung Hantu memiliki mata yang letaknya tidak seperti mata burung pada umumnya yaitu di kiri kanan kepala, akan tetapi di bagian depan mukanya. Penglihatannya sangat tajam dan dapat mengamati mangsanya dengan jelas dalam keredupan maupun dalam kegelapan malam.

Akan tetapi untuk menentukan tempat mangsanya ia lebih mengutamakan pendengarannya. Ia dapat menentukan dengan tepat posisi tikus dari suara dedaunan yang terusik oleh gerakan tikus mangsanya itu.

Burung hantu sebagai pemburu pada malam hari memiliki mata yang besar sekali, sedemikian besarnya sehingga bola matanya tidak dapat digerakkan di dalam rongga matanya itu.

Untuk menengok ke samping ia harus memutarkan lehernya dan ia dapat melakukannya sampai menengok ke belakang sekalipun. Selain dari pada itu matanya itu tajam sekali sehingga di dalam cahaya redup, dimana mata manusia tidak dapat malihat apapun, ia dapat menemukan mangsanya.

Burung Robin

Burung Robin, sejenis burung Murai yamg ada di Eropa tidak dapat melihat sesuatu dengan jelas yang berada beberapa cm di depannya. Agar dapat medilihat jelas, mangsanya itu harus berada pada jarak yang agak jauh.

Untuk dapat melihat mangsanya, misalnya seekor cacing, ia berdiri tegak dan menggerakkan kepalanya ke arah belakang, sehingga matanya itu ada pada jarak “dapat melihat”.

Rupanya seperti orang yang rabun dekat, untuk melihat benda dengan jelas (misalnya untuk dapat membaca) orang rabun dekat itu harus menjauhkan benda itu beberapa cm dari padanya.

Kucing

Kucing adalah binatang piaraan yang sangat kita gemari. Ia termasuk binatang “noctural” yaitu binatang yang memburu mangsanya baik pada siang hari maupun pada malam hari.

Oleh karena itu mata kucing bisa menyesuaikan diri baik untuk siang hari maupun untuk malam hari. Biji matanya (pupil) tidak bundar sebagaimana kebanyakan binatang- lainnya, melainkan lonjong (oval). Pada malam hari bentuk yang lonjong itu terbuka melebar sedang pada cahaya yang kuat atau terang mengecil sampai menjadi bentuk celah.

Mata seekor kucing akan berpijar (seperti menyala) bila disoroti cahaya lampu yang kuat, karena dibagian belakang matanya itu terdapat lapisan selaput yang bekerja seperti cermin yang memantulkan kembali cahaya yang mengenainya. Selain daripada itu didalam matanya itu terdapat sel-sel yang sangat peka terhadap cahaya yang redup. Akan tetapi sel-sel itu tidak dapat membedakan warna alias buta warna.

Ikan

Kedua mata kita itu merupakan suatu kesatuan, melirik bersama-sama ke arah yang sama dan melihat benda yang sama pula. Demikian pula pada mamalia dan burung. Akan tetapi tidak demikian halnya pada ikan, terutama ikan yang pipih, yang matanya itu terdapat di kiri dan kanan kepalanya.

Pada kelompok ikan (demikian juga pada bunglon) kedua mataya itu bekerja masing-masing dengan bebas, tidak tergantung satu sama lain, misalnya mata kiri mengarah ke depan sedang mata kanan mengarah ke belakang.

Dengan demikian penglihatannya itu dapat mencakup jarak dan daerah pandang yang luas, karena dapat melihat kepada dua arah yang berbeda secaara simultan. Ikan tidak memiliki kelopak mata, jadi tidak dapat berkedip (selalu melotot). Dengan demikian air selalu dapat membersikannya dan karena itu matanya selalu bersih.

Laba-Laba

Mata laba-laba merupakan suatu gabungan beberapa mata. Setiap mata memiliki lensa dan sel penerima berkas cahaya sehingga tampak seperti faset yang terpisah-pisah dan biasanya tersusun dalam kelompok-kelompok atau rumpun-rumpun pada punggung kepalanya.

Laba-laba yang menangkap mangsanya dengan jaringnya dan menunggu mangsanya terperangkap, tidak begitu bergantung pada penglihatannya seperti laba-laba pemburu. Oleh karena itu baginya tidak menjadi masalah sifat rabun dekatnya itu.

Laba-laba pemburu mempunyai rumpun mata yang terdiri dari delapan buah mata yang terdapat pada punggungnya. Tiap-tiap mata dilengkapi lensa dan sel-sel yang dapat menangkap berkas cahaya.

Walaupun tidak ada seekor laba-laba yang dapat melihat dengan jelas suatu benda yang letaknya pada jarak lebih dari 30 cm, laba-laba pemburu itu dapat mengikuti gerakan sekecil apapun dari bayangan mangsanya yang berpindah-pindah dari satu mata ke mata berikutnya.

sumber: indowebster.com

Aneka Profesi Binatang

Posted: Mei 27, 2010 in Lucu
Tag:

1. Guru Kungfu

2. Karateka

3. Badut

4. Foto Model

5. Pelukis

6. Pemabuk

7. Pengangguran

8. Pemain Bola

9. Bintang Porno

10. Atlet Loncat Indah

11. Dokter Gigi (Cari mati rupanya.. -.-” )

12. Pencuri

13. Tukang Kran

14. Wasit Pertandingan

15. Aktor (mirip gak??)

16. Bodyguard (Say Chesee baby)

17. Tukang Sayur Keliling

18. Cheerleaders

19. Tukang Listrik

20. Tukang Perbaiki WC Mampet (Hhe… porno ahh)

21. Penyanyi

22. Montir Mobil

23. Tukang Pipa Saluran Air (ciluuuuuukk Baaaaaaa!!!)

24. Pemulung (Hhe.. kehausan yaaaa??)

25. Tukang Genteng

26. Pengembala Itik

27. Pemain Sirkus

28. Pendaki Gunung

29. Atlet Lari

30. Atlet Skit

31. Atlet Basket

32. Tukang Sulap

33. Musisi / Pemain Piano

34. Babysitter

sumber : forum kapanlagi.com

Berikut beberapa fakta-fakta unik tentang dunia binatang yang saya dapat dari kaskus. Moga aja bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua.

1. PAUS BIRU
menurut para ilmuan, hewan yang memiliki suara paling keras adalah paus biru, suara paus biru lebih keras daripada suara motor harley davidson, lebih keras dari suara konser rock, bahkan keras dari ledakan bom.
suara ikan tersebut adalah 180 desibel, atau sama dengan satu juta kali suara mesin jet. Jantung ikan paus biru berdenyut sembilan kali dalam semenit.

2. KELEDAI
penempatan mata di kepala keledai memungkinkan keledai untuk melihat ke empat kakinya pada tiap saat (makanya keledai nggak pernah dipasangin kaca spion).

3. BUAYA
gigi baru buaya akan tumbuh menggantikan gigi yang tanggal (makanya ga’ pernah ada buaya giginya ompong, bakal lucu kalau ada…)
buaya tidak bisa menjulurkan lidahnya. (takut kena gigit gigi sendiri…)

4. KECOA
kecoa terkecil adalah ‘fungicola attaphilia‘ dari amerika utara, panjangnya sekitar 3 mm, sedikit lebih panjang dari semut merah.
kecoa masih bisa hidup beberapa hari setelah kepalanya dipenggal.
kecoa dapat bertahan hidup dengan memakan lem dan memakan sesamanya (canibalism).

5. KUDA LAUT
kuda laut jantanlah yang mengandung. kuda laut jantan memiliki kantung benih yg digunakan untuk menyimpan telur yg diberikan si betina.

6. MACAN
macan adalah anggota terbesar dalam keluarga kucing. macan memiliki kulit yang belang, bukan hanya bulunya yg belang. Jaguar takut pada anjing.

7. KALAJENGKING
kalajengking bisa dibunuh dengan menyiramnya dengan cuka, mereka akan murka dan akan menyengat dirinya sendiri.

8. JERAPAH
leher jerapah panjangnya sekitar 50 cm, jerapah dan tikus bisa bertahan hidup lebih lama tanpa air daripada onta.

9. SEMUT
semut dapat mengangkat beban 50 kali tubuhnya, semut selalu jatuh miring ke kanan jika diberi racun serangga (don’t try this at home, kasihan semutnya).

10. KUCING
kucing berkeringat melalui telapak kakinya.
kucing tidak bisa merasakan manis (pantesan tak kasih permen nggak mau).
rahang kucing tidak bisa bergerak kek kiri dan kanan.
kucing bisa membuat lebih dari 100 bunyi vokal, anjing hanya bisa 10.
kucing memiliki 32 otot pada setiap telinganya.
kencing kucing akan berbinar apabila disinari cahaya hitam. Kucing rumah benci bau lemon dan semua yang berbau sitrus

11. TIKUS
tikus beranak-pinak dengan sangat cepat dan dalam waktu 18 bulan, 2 ekor tikus dapat memiliki lebih dari 1 juta keturunan.
tikus dan kuda tidak bisa muntah. Hamster sangat suka makan jangkrik

12. KUDA
tulang kuda lebih banyak 18 buah dari tulang manusia.
kulit zebra adalah putih yang dilapisi garis hitam.
kuda tidak bisa muntah.
pada patung2 kuda:
-2 kaki depan kuda diangkat: orang yg nunggangin kuda itu tewas dlm pertempuran.
-1 kaki diangkat: orang tersebut meninggal karena luka dlm pertempuran.
-gak di angkat: meninggal secara normal.

13. SERANGGA
80% dari seluruh binatang di dunia adalah serangga.
rata2 dalam setiap batang permen coklat terdapat serangga yg meleleh bersamanya (semut biasanya). Umur dari capung adalah 24 jam

14. GAJAH
gajah adalah satu2nya hewan yang tidak bisa melompat.
gajah hanya tidur 2 jam sehari (pantesan matanya sipit, begadang melulu).

15. BURUNG UNTA
merebus telor burung unta memakan waktu 40 menit.
mata burung unta lebih besar dari otaknya.

16. BABI
secara fisik babi tidak bisa melihat ke langit.
babi tidak dapat berkeringat karena tidak memiliki kelenjar keringat. Mereka berlumur lumpur untuk mendinginkan kulitnya

17. KUDA NIL
kuda nil dapat membuka mulutnya lebar2 sehingga seorang anak dengan tinggi 1,3 meter dapat berdiri di dalamnya.
kuda nil kentut lewat mulut (makanya kalo liat ni hewan jangan di depannya, awas kena kentut…!)

18. LANDAK
landak memiliki sidik jari yang mirip dengan manusia.
rata2 jantung landak berdegup 300 kali semenit.
landak bisa mengapung diatas air.

19. NYAMUK
nyamuk lebih suka anak2 dibanding orang dewasa.
nyamuk lebih tertarik warna biru dibanding warna lainya.

20. UNTA
untu memiliki 3 kelopak mata (pantesan, biarpun hidupnya di padang pasir tapi jarang ada unta yang kelilipan, he he).

21. BERUANG
beruang dewasa dapat lari secepat kuda.
semua beruang kutup adalah kidal.
kulit beruang kutup sebenarnya adalah hitam, bulunya berwarna bening, dan tampak putih di salju.
beruang kutup dapat berlari dengan kcepatan 50km/jam dan loncat hingga 4 meter diudara.

22. IKAN HIU
ikan hiu kehilangan gigi lebih dari 6000 buah setiap tahunnya, dan gigi baru tumbuh dalam waktu 24 jam.
ikan hiu kebal akan kanker (wah, pak dokter perlu belajar ama hiu buat temukan anti kanker).

23. KELELAWAR
kelelawar adalah satu2nya mamalia yg dapat terbang.
kelelawar selalu belok kiri bila keluar dari gua (soalnya kalau belok kanan harus nunggu lampu hijau menyala).

24. KUPU-KUPU
nama asli kupu2 adalah ‘flutterby’.
kupu2 melihat dengan 12.000 mata.
indra perasa kupu2 berada di kakinya.

25. AYAM
ayam yg terpenggal lehernya masih dapat berlari sepanjang lapangan sepakbola sebelum benar2 mati.
penerbangan terpanjang seekor ayam yg pernah dicatat adalah 13 detik.

26. SAPI
sapi tidak punya gigi atas.
kentut sapi termasuk penyebab utama global warming (produsen polusi udara nih sapi).

27. PENGUIN
penguin adalah burung yg tidak bisa terbang tapi bisa berenang.
penguin ada di kutup selatan, bukan di kutup utara.

28. ANJING
anjing tanah dapat menggali saluran sepanjang 100 meter hanya dalam waktu semalam.

29. KOALA
koala punya 2 jempol, agar memudahkannya memegang makanannya.
panda juga punya 2 jempol.

30. LEBAH
lebah adalah ahli arsitektur yg baik karena proses pembuatan sarangnya. lebah madu bekerja sama dalam membangun kantung2 madu, memulai membuatnya dari titik2 yg berbeda, namun akhirnya bertemu tepat ditengah2 tanpa melenceng sedikitpun.
lebah dapat digunakan untuk mendeteksi tambang dan ranjau.
hukum aerodinamis tidak berlaku pada lebah, dengan sayapnya yg kecil lebah dapat mengangkat tubuh bagian belakangnya yang hampir 30X lebih berat dari tubuhnya.

31. MAKHLUK AIR
daya ingat ikan hanya 3 detik.
lobster dapat hidup selama 100 tahun.
siput bisa tidur selama 3 tahun.
gigi berang-berang tidak pernah berhenti tumbuh.
ubur-ubur terdiri dari 95% air.
bintang laut tidak punya otak.
lumba-lumba tidur dengan satu mata terbuka.
bila kita memelihara ikan mas diruangan yg gelap maka warnanya akan berubah putih.

32. LALAT

Lalat meloncat mundur saat akan terbang

33. KAMBING

Kambing mempunya pupil mata segi empat

34. BADAK

Tanduk badak terbuat dari rambutnya yang mengeras