Sabar yang Indah

Posted: September 18, 2010 in Buku
Tag:

Sumber : Republika, 10 Agustus 2010
Judul :  Shobrun Jamil (Sabar Yang Indah)
Penulis : Humam S. Chudori
Tebal : viii + 190 halaman
Penerbit : Penerbit Republika

Ning, anak kelima, dari enam bersaudara, pasangan Sarmanto dan Yuliana merupakan sosok gadis yang sabar. Ia bukan sekadar memiliki kesabaran, melainkan cerminan manusia shobrun jamil, sabar yang indah. Betapa tidak, kendati berbagai cobaan menerpa hidupnya, ia tetap tabah menjalani kehidupan ini karena ia yakin semua sudah merupakan takdir yang ditetapkan oleh-Nya.

Gadis berlesung pipit ini sangat yakin bahwa setiap ketetapan-Nya pasti baik. Meskipun, tidak jarang, tidak sesuai dengan keinginan manusia. Mula-mula ia ditinggal mati oleh Misbah, tunangannya, dua bulan sebelum acara pernikahannya.

Belum genap satu tahun ditinggal mati calon suaminya. Ning harus merelakan Darmini, adik perempuannya, menikah lebih dulu. Ayahnya pun menderita sakit gara-gara stress, karena merasa bersalah menikahkan Darmini lebih dahulu lebih dahulu. Cobaan hidup Ning terus bertambah. Tragisnya, gadis penyabar ini justru ‘dikerjai’ pemuda yang pernah menaksirnya.

Sebagai manusia biasa, Ning –kendati tergolong manusia sabar– tidak kuat juga akhirnya menahan penderitaan yang beuntun. Akhirnya gadis ini menghembuskan napas terakhir setelah menderita penyakit yang tak terdeteksi secara medis. Kematiannya, memang menimbulkan teka-teki. Tapi ibunya yakin benar kalau Ning meninggal dalam keadaan khusnulotimah. Sebuah cerita kehidupan seorang wanita yang mencerahkan hati.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s