Keindahan Pulau-Pulau Terluar Di Indonesia

Posted: Juni 16, 2010 in Wisata
Tag:, , , , ,

1. Alor

Alor adalah sebuah pulau yang terletak di ujung timur Kepulauan Nusa Tenggara. Luas wilayahnya 2.119 km², dan titik tertingginya 1.839 m. Pulau ini dibatasi oleh Laut Flores dan Laut Banda di sebelah utara, Selat Ombai di selatan (memisahkan dengan Pulau Timor), serta Selat Pantar di barat (memisahkan dengan Pulau Pantar. Pulau Alor adalah satu dari 92 pulau terluar Indonesia karena berbatasan langsung dengan Timor Leste di sebelah selatan.

Pulau Alor merupakan salah satu dari dua pulau utama di Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Di pulau ini terdapat Kota Kalabahi, ibukota Kabupaten Alor.

2. Ararkula

Pulau Ararkula adalah salah satu pulau yang termasuk ke dalam wilayah administratif Kabupaten Maluku Tenggara, provinsi Maluku. Pulau ini merupakan salah satu dari 92 pulau-pulau terluar Indonesia karena berbatasan langsung dengan Australia. Ararkula berada di perairan Laut Aru.

3. Asutubun

Pulau Asutubun adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Timor, berbatasan dengan negara Timor Leste dan Australia. Pulau Asutubun ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah kabupaten Maluku Tenggara Barat, provinsi Maluku. Pulau ini berada di sebelah selatan dari pulau Jamdena dengan koordinat 8°3′7″LS,131°18′2″BT

4. Bangkit

Pulau Bangkit atau Bongkil adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Sulawesi dan berbatasan dengan negara Filipina. Pulau Bongkil ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara, provinsi Gorontalo. Pulau ini berada di sebelah utara dari Kota Gorontalo dengan koordinat 1° 2′52″ LU, 123°6′ 45″ BT.

5. Barung

Nusa Barung (atau Barong) adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah selatan Pulau Jawa. Pulau ini berada dalam wilayah Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Pulau ini adalah salah satu pulau terluar Indonesia yang terletak di Samudra Hindia dan berbatasan dengan negara Australia. Pulau Barung ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah kabupaten Jember, provinsi Jawa Timur, Indonesia. Pulau ini berada di sebelah selatan dari Jawa Timur dengan koordinat 8°28′29″LS,113°19′40″BT

Nusa Barung merupakan sebuah cagar alam sejak tahun 1920. Di pulau ini dapat ditemukan banyak spesies burung, serangga, dan tumbuhan. Fungsi pokok cagar alam ini adalah sebagai perlindungan bagi lutung budeng (Trachypithecus auratus) yang terancam punah. Salah satu ancaman bagi cagar alam ini adalah penebangan kayu secara ilegal.

sumber : menuhijau.blogspot.com

Komentar
  1. madida mengatakan:

    infokan ke saya hatrga-harga termurah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s