7 Hal yang Pantang dilakukan di Facebook

Posted: Mei 18, 2010 in Internet
Tag:

Menaruh seluruh tanggal lahir dan menulis nama anak di keterangan foto, adalah hal yang harus dihindari di Facebook menurut Consumer Report. Hal lainnya apa?

Survei dari dua ribu remaja pada Januari di AS menunjukkan 9% pengguna situs jejaring sosial adalah korban dari malware, pencurian identitas, penipuan dengan pelecehan, berdasarkan publikasi Consumer Reports.

Berikut 7 hal yang disarankan Consumer Reports untuk berhenti dilakukan para pengguna Facebook, MySpace, LinkedIn atau situs jejaring sosial lain.

1.Password yang gampang

Misalnya penggunaan nama sederhana dan kata yang dapat ditemukan di kamus, meskipun telah dicantumkan angka di belakangnya. Kata kunci seharusnya terdiri dari 8 karakter. Salah satu teknik yang baik adalah menaruh nomor atau simbol di tengah kata.

2.Menaruh seluruh tanggal lahir

Tanggal lahir penuh (bulan, hari dan tahun) membuat pengguna menjadi target yang mudah untuk diidentifikasi pencuri. Informasi itu dapat digunakan untuk mencari tahu lebih banyak informasi pribadi dan berpotensi meningkatkan akses ke bank ataupun akun kartu kredit. Survei Consumer Reports menunjukkan 38% pengguna menaruh seluruh tanggal lahir mereka di jejaring sosial. Sebaiknya hanya menaruh bulan ataupun hari lahir, bukan keseluruhan.

3.Tidak memanfaatkan kontrol privacy

Anda sebaiknya mengontrol informasi yang penting. Pengguna Facebook dapat membatasi sebagian besar posting di profil, termasuk foto dan informasi keluarga. Sembunyikan info kontak seperti nomor ponsel dan alamat rumah.

4.Menaruh nama anak di kolom keterangan

Jangan gunakan nama anak di bagian keterangan atau penjelasan foto. Jika seseorang telah melakukannya, hapus hal ini dengan menggunakan remove tag. Jika anak Anda tidak menggunakan Facebook dan seseorang telah menaruh nama mereka di kolom keterangan, minta orang tersebut untuk menghapusnya.

5.Menyebut sedang tidak di rumah

Sekitar 3 % pengguna Facebook dalam survei mengatakan mereka menaruh informasi tersebut di halaman depan. Ini sama seperti tanda “tidak ada orang di rumah” di depan pintu. Samarkan juga tanggal liburan atau perjalanan anda.

6. Dapat ditemukan di mesin pencari

Untuk menghalangi orang asing mengakses profl anda, masuk ke bagian search section di bagian kontrol privasi Facebook dan gunakan akses pencarian ‘hanya teman’. Yakinkan kolom Pencarian Umum tidak termasuk dalam list.

7. Mengizinkan remaja menggunakan Facebook tanpa pengawasan.

Batas pengguna Facebook adalah umur 13 tahun dan lebih tua, namun anak-anak yang lebih muda ternyata dapat menggunakan ini. Jika ada anak-anak atau remaja menggunakan Facebook, Consumer Reports merekomendasikan orang dewasa menjadi teman online mereka, dan menggunakan email anak-anak tersebut sebagai cara untuk mengetahui apa saja yang mereka lakukan dan memonitor aktivitasnya.[inilah.com]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s